Blogtour & Giveaway: Puzzle of Lies - Kim Eun Jeong






Judul: Puzzle of Lies
Penulis: Kim Eun Jeong
Penyunting: Selsa Chintya
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penerbit: Haru Media
Tahun Tebit: November, 2016
Tebal: 576 halaman
  
BLURB
Namaku Jo Yun Geon, seorang pengacara.

Beberapa hari yang lalu, Mi Hyang, temanku saat kuliah, tiba-tiba menelepon ke kantor biro hukum tempatku bekerja. Dia adalah seorang hakim dan hubungan kami sedikit rumit.


“Aku ingin kau menjadi wali,” kata Mi Hyang. “Namanya Dan Tae, anak laki-laki, usia sembilan tahun.”

Sialnya, aku tidak bisa menolak saat tiba-tiba anak laki-laki itu datang ke apartemenku dan harus tinggal denganku. 

Selesailah sudah kehidupan single-ku yang bebas.

Kepingan Puzzle yang Hilang
Pecinta Korea kayaknya sudah tidak asing lagi dengan nama Kim Eun Jeong. Novel penulis yang pertama kali diterjemahkan dan diterbitkan Penerbit Haru berjudul So, I Married the Anti-fan telah difilmkan dan diperankan oleh Chanyeol EXO. Aku telah membaca novel tersebut dan tidak sabar menonton film yang katanya lumayan booming ini. Puzzle of Lies adalah novel keempat Kim Eun Jeong Ssi yang diterbitkan Haru dan aku tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan ketika novel ini akhirnya terbit. Lebih senang lagi, karena aku memperoleh buku bertanda tangan penulis dari Penerbit Haru.



Novel ini menceritakan sosok pria bernama Jo Yun Geon yang berprofesi sebagai pengacara khusus harta warisan, namun tiba-tiba berkewajiban menjadi wali dari seorang anak lelaki berusia Sembilan tahun. Bukan hanya itu, anak yang bernama Ahn Dan Tae ini memiliki kasus rumit berupa kasus pelecehan seksual dan melihat dari sikap anak ini, ada kemungkinan Ahn Dan Tae melakukan kebohongan.


“Anak laki-laki, kelas 3 SD, usia Sembilan tahun. Dia menuntut seorang instruktur di kantor pelayanan masyarakat di daerahnya karena pelecehan seksual. Kasusnya akan segera disidangkan.” – Mi Hyang (Hlm 13)


Singkat cerita, mereka berdua tinggal bersama selama beberapa waktu dan mengalami beberapa kejadian yang beragam. Mulai dari hal-hal yang menyebalkan, lucu hingga hal-hal yang cukup mengharukan. Yun Geon yang awalnya sangat egois dan agak materialistis, terkadang memperlakukan Dan Tae seperti barang. Sedangkan Dan Tae yang kerap kali mengucapkan dan melakukan hal-hal yang menyusahkan walinya itu, awalnya tidak betah tinggal di sana.


“Itu sebabnya aku tidak suka dengan anak-anak. Anak-anak membuat segala situasinya menjadi kesalahan orang dewasa, meskipun sebenarnya bukan kesalahanku. Kalau aku sudah mengumpulkan uang yang cukup dari pekerjaanku sebagai pengacara, aku harus menerbitkan buku Memahami Anak-anak untuk Orang Dewasa. Aku akan menulisnya dan berpihak sepenuhnya pada orang dewasa.” – Yun Geon (Hlm 51)


Banyak hal yang terjadi antara mereka berdua dan aku tidak ingin membocorkan terlalu banyak karena khawatir akan menimbulkan spoiler. Sungguh akan mengurangi kenikmatan membaca novel ini ketika twist­­-nya tidak lagi membuat kalian menebak-nebak.

Ada banyak pertanyaan dan dugaan yang muncul saat aku membaca novel ini. Percayalah, 500 halaman lebih tidak akan membuat kalian bosan. Hubungan dan interaksi Yun Geon dengan Dan Tae, Pak Tua, In Yeong serta Mi Hyang sangat menarik untuk diikuti. Kalian juga akan menghadapi teka-teki tentang masa lalu Yun Geon dengan satu-satunya wanita yang pernah dicintainya serta amplop berisi kalimat-kalimat aneh kerap kali ditemukan pengacara itu dalam amplop putih yang terselip di pintu unit apartemennya. Salah satunya adalah:


Jangan percaya pada siapapun sampai isi kotak yang kaubuka itu habis.” – (Hlm 361)


Judulnya sangat cocok dengan isi novel ini. Kata Puzzle benar-benar mencerminkan teka-teki yang harus dipecahkan oleh Gun Yeon seorang diri. Pembaca akan menyadari bahwa setiap membuka halaman berikutnya, ia akan bertemu kepingan puzzle yang dapat menyempurnakan teka-teki yang telah terbentuk di kepala mereka.


Karakter-karakter yang Sulit Terlupakan
Karakter-karakter yang paling membuatku tertarik selain  Yun Geon si tokoh utama, adalah Dan Tae dan Bapak Tua aneh bernama Ho Myeong Su yang menjadi klien Gun Yeon. Yun Geon adalah tokoh yang cuek, narsis dan sangat egois. Kita tidak sering menemukan karakter seperti ini di novel-novel lainnya bukan? Namun karakter ini terasa orisinal dan realistis. Entah kenapa aku merasa karakter Yun Geon ini cukup dekat dengan karakter asli kebanyakan manusia yang tak banyak ingin mengakuinya.


Tapi aku jadi menemukan pesonaku yang lain karena bertemu In Yeong, yaitu dapat membuat seseorang  yang tadinya sangat membenciku menjadi memiliki kesan yang baik tentang diriku. Pesonaku ini sepertinya tak ada habisnya.” – Yun Geon (Hlm 199)


Karakter berikutnya yaitu Ahn Dan Tae. Tokoh berusia sembilan tahun yang terlihat cukup genius untuk ukuran bocah sepertinya. Bayangkan saja, apa di lingkungan kalian ada anak lelaki yang sibuk menulis buku harian, tertarik pada lukisan dan gemar mengumpulkan kosa kata baru untuk didaftarkan ke dalam kamus. Cara bicaranya juga menyebalkan tapi malah menimbulkan celetukan-celetukan yang lucu dan menghibur.

Selanjutnya yaitu Ho Myeong Su, Bapak Tua yang selalu menyiapkan diri untuk menuntut anak-anak tirinya karena kemungkinan ia akan dibunuh karena perebutan harta warisan. Percayalah, ketiga tokoh pria ini punya karakter yang asyik untuk diiukuti.Selain mereka, masih ada sahabat Yun Geon bernama Mi Hyang yang berprofesi sebagai hakim, Ahn So Ni ayah Dan Tae, serta In Yeong yang jelas-jelas masih menyukai tokoh utama kita yang egois dan narsis.

Alur majunya berjalan cukup lambat di awal, namun untuknya interaksi Yun Geon dengan Dan Tae dan orang-orang di sekitarnya punya daya tarik tersendiri untuk diikuti. Saat menuju klimaks dan menuju ending, kalian akan sulit melepaskan buku ini sebab alurnya berjalan dengan lumayan cepat namun stabil. Cuma sekali penulis menggunakan alur mundur pada salah satu scene di mana tokoh utama mengenang kembali kejadian terakhir yang ia alami sebelum gadis masa lalunya menghilang.

Plot yang dibangun penulis untuk menghidupkan cerita ini cukup terjalin dengan baik. Sejumlah clue yang ditebarkan di sana-sini untuk melemparkan twist di bagian akhir, meskipun cukup tertebak tapi membuat pembaca penasaran dan ingin segera menyatukan potongan-potongan teka-taki yang telah mereka kumpulkan sepanjang cerita.

Setting tempatnya tidak terlalu detail tapi pas dan tidak berlebihan. Pembaca bisa membayangkan suasana ruang sidang, Biro Hukum tempat Yun Geon bekerja, serta apartemen yang mereka tempati bersama. Suasana perkotaan atau jalanan di sekitar Gangnam dijelaskan sepintas, sesuai dengan keperluan cerita.

Adegan Favorit dan Gaya Bercerita
Adegan-adegan favoritku adalah setiap interaksi antara Yun Geon dan Dan Tae. Baik sebelum maupun sesudah perubahan sikap tokoh utama ini. Yun Geon menunjukkan perubahan yang signifikan dan lama kelamaan menampakkan sifat tersembunyi yang selama ini tak pernah ia tunjukkan, mungkin karena ia sendiri tak menyadarinya. Dan adegan menjelang ending itu, ketika ia membahas tentang Pak Tua dan peristiwa yang menimpa Dan Tae, cukup membuat hati perih sekaligus hangat.

Aku menyukai gaya bercerita atau mungkin bisa dikatakan, kombinasi antara gaya bercerita dan gaya terjemahan Mbak Putu dalam novel ini. Selera humor penulis cukup bisa diacungi jempol karena di beberapa bagian, aku merasa ia bisa begitu menghidupkan karakter Yun Geon. Malah, kalau ingin membandingkan, aku  lebih menyukai novel ini dibanding novel sebelumnya yang ditulis oleh Kim Eun Jeong Ssi. Ia bisa dengan mudah menggambarkan perkembangan hubungan kedua orang yang awalnya saling bertolak belakang ini, lambat laun menjadi dekat karena melihat kesamaan dalam diri masing-masing.


Apa aku masih normal kalau berkonsultasi masalah percintaan dengan anak kelas 3 SD ini? Lalu kelihatannya, anak ini sedang berniat untuk mengajariku dengan serius, seolah-olah dia adalah mentorku untuk masalah percintaan. Aku mengakui dia memang memiliki niatan hati yang jauh lebih baik dariku soal melindungi wanita, bahkan bisa dikatakan lihai. Oleh karena itu, aku jadi tidak bisa berkata apa-apa.” – Yun Geon (Hlm 533)


Namun aku menemukan inkonsistensi pada salah satu tokoh yang cukup berpengaruh, yaitu selingkuhan Bapak Tua Ho Myeong Su bernama Park Hyeong Im. Awalnya ia digambarkan sebagai wanita sederhana yang mirip bekas pembantu (Ini kalimat milik Yun Geon, dia memang suka berbicara seenak jidat :D dan songongnya keterlaluan), tapi selanjutnya digambarkan sebagai wanita yang glamor dengan pakaian-pakaian yang mewah. Namun penulis tidak menjelaskan lebih jauh tentang perubaha ini.

Masalah ending, awalnya agak skeptis, kenapa penulis memilih ending seperti ini setelah semua yang telah tejadi. Namun ternyata kemudian aku paham, ada tujuan tertentu di balik pemilihan peristiwa penutup ini, Jadinya aku cukup puas dan berpikir “boleh juga idenya”.  

Jadi bagi kalian yang mencari tokoh utama novel yang beda, yang memiliki sejumlah twist serta membahas tentang isu pelecehan anak di bawah umur dengan suasana kekeluargaan yang kental, kalian harus coba membaca novel ini.

GIVEAWAY
Selanjutnya aku akan menjelaskan tentang segala hal yang berkaitan dengan Giveaway. Hadiah yang akan diperoleh dalam GA kali ini adalah satu buah novel Puzzle of Lies.

Syarat  untuk mengikuti Giveaway:
  • Like Fanpage Penerbit Haru, ikuti IG atau Twitter @PenerbitHaru dan @InayahSyar (optional)
  • Share artikel tentang Blogtour dan Giveaway di blog ini melalui twitter/instagram/FB kalian, jangan lupa hashtag #PuzzleofLies #Haru6IG, mention @InayahSyar dan @PenerbitHaru ya.
  • Jawab pertanyaan di bawah:
  1. Ceritakan pengalaman kamu ketika pertama kali mengenal Penerbit Haru.
  2. Apa sih buku Terbitan Haru Pertama yang kalian baca (bagi yang udah pernah baca), atau Apa buku  terbitan Haru yang pertama kali ingin kamu baca (bagi yang belum pernah baca).
  • Ketik di kotak komentar yang ada di bawah:Perkenalkan diri kalian + link share  artikel tentang Blogtour dan Giveaway di blog ini + Jawaban
  •  GA ini ini dilaksanakan hingga tanggal 22 Januari 2017 pukul 23.59 WIB ^^

Blogtour dan Giveaway juga berlangsung di empat blog lainnya. Kalian bisa ikut juga karena tantangannya bakal beda-beda:



Event-event Penerbit Haru lainnya masih berlangsung. Kalian bisa mengikuti jadwal kuis ultah Haru yang lain:

Nah terakhir aku mau ngucapin Selamat Ulang Tahun untuk Penerbit Haru. Semoga tetap selalu menerbitkan buku-buku terbaik kesayangan pembaca n_n





23 Responses
  1. Ervan Says:

    Nama : Ervan setiawan
    Twitter : @saidrha
    Link : https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/821595790397337601?p=v

    Jawaban :

    1. Awal aku tau Penerbit Haru di Media Sosial kebetulan Penerbit Haru itu suka mengadakan Kuis yg seru
    Aku berpartisipasi tapi sayang aku gagal , dan aku suka lihat bagaimana buku terbitan bukan buku biasa , aku lihat banyak orang yg suka , aku penasaran dan sampai sekarang belum punya bukunya satupun karena Bingung membelinya Di mana
    Pernah Di Toko Buku tapi bingung nyarinya di sebelah mana,
    Dan Rasa penasaran itu di obati hanya aku lihat sinopsis buku Terbitan Haru saja
    Dan aku juga sudah ngincar buku beberapa yg akan dibeli suatu saat nanti.

    2. Aku belum punya bukunya satupun tapi ingin Pertama kali baca yg ini :

    Puzzle of Lies
    suka cover+Tokohnya
    Konfliknya bner2 Kerasa walau cuma baca sinopsisnya

    Dan juga Aku Mau baca yg ini :
    The Chronicles of Audy: 4R,
    The Chronicles of Audy: 21,
    The Chronicles of Audy: 4/4, and
    The Chronicles of Audy: O2.

    Emang Best Seller tapi Mudahan aja terwujud di antara buku yg ingin Aku baca.

    Aku juga Mengucapkan untuk Penerbit Haru
    Aku Tau Penerbit Handal dan juga Unik dan aku yakin semakin sukses terus untuk buku-bukunya yg berkualitas Top !!!

    6 kata untuk Penerbit haru :
    Atraktif-bagus-keren-lucu-unik-Wow



  2. Unknown Says:

    Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/821618640407724032

    1. Ceritakan pengalaman kamu ketika pertama kali mengenal Penerbit Haru.

    Pertama kali kenal penerbit haru itu ketika saya melihat postingan teman di instagram. Dia memposting novel dari penerbit haru, karena penasaran akhirnya saya follow dan mulai kepo-kepo. Pas lihat postingan-postingan penerbit haru di instagram saya langsung tertarik. Jujur saya ini sangat menyukai hal-hal yang berbau korea, dan penerbit haru ini banyak menerjemahkan novel-novel korea ❤

    2. Apa buku terbitan Haru yang pertama kali ingin kamu baca (Bagi yang belum pernah baca).

    The Chronicles of audy series! Saya langsung jatuh cinta ketika melihat desain covernya, seperti digambar menggunakan spidol, penerbit haru kreatif sekali❤. Warna covernya juga cokelat membuat novel ini menjadi berbeda dan tentunya menarik.
    Beberapa kali baca review dan rekomendasi dari teman, banyak yang bilang series ini wajib dibaca karena sangat bagus. saya sangat ingin membeli dan membacanya tapi sampai sekarang belum kesampaian.

    Btw selamat ulang tahun yang ke-6 penerbit haru! Semoga bisa menginspirasi masyarakat indonesia untuk selalu membaca^^


  3. Unknown Says:

    Hai, namaku Puji Nur Aini, domisili Banjarnegara, tau nggak Banjarnegara? Wkwk, btw, salam kenal kak Nay ^^
    Link sharenya, https://twitter.com/Pujina__/status/821623813372837889

    Oke jawabannya digabung wkwk, jadi gini ceritaku ketemu(?) sama penerbit haru. Berawal dari kuis yang diadakan Penerbit Haru di facebook dulu, kuis hias sinopsis yang hadiahnya Novel I Love You Kkoma. Aku ikutan dan ... gak menang *iyaudahbiasagakmenangyekan. Nah, dari situ aku kenal Penerbit Haru dan Ayam Harunya yang lucuuu bangett. Terus percaya atau enggak, dulu novel pertama penerbit haru yang aku baca adalah Novel Bi, ini ingatanku agak samar bin absurd sih, soalnya udah lama banget. Dulu, di perpus aku lagi bete gitu kan terus main ambil novel di rak, dan yang keambil itu novel Bi. Langsung aku baca tanpa liat penerbitnya, dan ternyata baguss!! Langsung deh, ilang betenya wkwk. Dulu aku punya pemikiran, penerbit mah gak penting yg penting isi novelnya, parah banget gak sih? Pemikiran macam apa itu? Jadi, dulu aku gak tau sama sekali novel Bi itu terbitan penerbit haru wkwk. Nah, tahun kemarin alias 2016, aku dikasih pinjem novel Best Time sama temenku, ceritanya bagus banged pake d loh ya. Terus waktu kemarin yg diskon novel itu, aku liat kok ada novel Bi? Waah! jadi makin cinta sama penerbit haru 💕 Tapi langsung gimana gitu rasanya, maksudnya, kenapa gak kenal penerbit haru dari dulu? Is, kalo kenal dari dulu kan bisa gitu cari-cari buku haru yg pastinya keren karena aku suka novel terjemahan. Sekarang, hampir semua novel terbitan haru grup masuk di list "Wajib punya!" Tenang, aku lagi menimbun uang buat calon anak-anak kesayangan dari penerbit haru 😂 Juga dengan mengikuti GA kayak gini nih, meskipun peluangnya kecil, gak ada salahnya usaha hehe 😅 wish me luck!


  4. Rima Says:

    hai, kak.. perkenalkan namaku Rimadian Ulfa Y dari Temanggung, Jateng. Ijin ikut GA ya, hehe

    link share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/821679169931190274

    jawaban:
    1. Sebenarnya pertama kali tahu Penerbit Haru dari twitter sih, soalnya suka ada kuis juga. Plus katanya Haru ini nerbitin novel-novel terjemahan Asia. Dan berhubung aku belum pernah baca terjemahan Asia, aku buka tuh akunnya Haru. Jadilah aku tahu Penerbit Haru. :)
    2. Aku belum pernah baca satupun dari Haru :( tapi aku pengen banget baca Puzzle of Lies dan Seoulmate, meskipun nggak suka sama yang berbau korea, entah drakor atau apalah. Tapi entah kenapa pas liat covernya kemarin, jadi pengen gitu aja.
    Untuk puzzle, jelas aku penasaran soalnya termasuk novel terjemahan, terbitan baru pula. Sedangkan soulmate, sebenarnya meskipun udah tau dari dulu, tapi tiba2 suka terutama karena cover edisi revisinya, plus katanya mirip novel terjemahan yang mungkin krn saking bagusnya sehingga direvisi dg cover baru.


  5. Unknown Says:

    Nama: Ratna Komalasari
    Twitter: @imratnasr
    link share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/821685750768906241


    1. Pertama kali tau penerbit haru ya? Hmm dari Instagram tahun 2016 awal deh kayaknya, waktu itu Haru lagi ngadaain GA buku yang aku lupa hehe, *Terlalu banyak buku yg aku ikutin GAnya wkwk* Abis itu sering liat buku-buku Haru di TL Ig, covernya selalu bagus dan bikin mupeng banget yaudah deh abis itu follow di Twitter sama like Fanpagenya. Dan Haru juga sering ngadain GA sama Blogger Wanted yang ngebuat semua orang cinta banget sama Haru, Gak Follow mah kecewa banget deh! Banyak untung yg didapat dari Follow Penerbit haru ini.


    2. Novel pertama dari Haru, You Are My Moon.
    Cerita di You Are My Moon ini mengalir seperti air, enak banget dibacanya dan selalu bikin aku senyam-senyum gaje kaya orang gila, karena di cerita ini bukan hanya ada cinta-cintaan aja tapi ada Humornya! Reccomended banget buat yang lagi galau ditinggal gebetan wkwk. Lagipula di cerita ini kita seperti akan diajak pergi ke Thailand, soalnya pemeran utamanya yaitu Juntharakan seorang Bangsawan yang sangat tampan, uhh setampan Mario Maurer gak ya? Hahaha.
    Aku juga jadi lebih mengenal gelar-gelar bangsawan saat membaca cerita ini. Pokoknya cerita ini tuh komplit pake banget, Sedih? Dapet!
    Bikin ketawa? Dapet!
    Bikin baper? Dapet!
    Bikin senyam-senyum? Dapet!
    Bikin cinta sama Jun juga dapet!

    Yang gak terlalu suka sama Thailand Drama atau Thailand Novel, ini bisa jadi referensi baca kalian! Coba baca dan pasti ketagihan banget! Kali aja kalian berbelok menjadi pencinta Thailand (aku bangett) wkwk.


  6. Unknown Says:

    Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Link: https://twitter.com/Kimol12/status/821725998580318208

    Pertama kali kenal Penerbit HARU itu dari postingan temen di Facebook. Lihat cover-cover bukunya kece-kece dan banyak nerbitin novel Asia. Jadi sejak itu aku jadi follow semua akun dan fanpagenya. Dan waktu HARU mengadakan blogtour giveaway salah satu novelnya, So Married The Anti Fan, aku nyoba ikutan. Dan ternyata aku dapet hoki, menang disalah satu blog. Itu seneng banget rasanya.

    Dan jadilah, novel So I Married The Antifan menjadi novel perdana yang aku punya dari penerbit HARU. Sekaligus novel Asia pertama yang aku baca. Terjemahannya bagus dan novel ini juga sudah difilmkan dibintangi oleh Chanyeol EXO.

    Terima kasih.


  7. Unknown Says:

    Nama: Adriani Febrina
    Domisili: Aceh
    Twitter: @FebrinaAdriani
    Link: https://mobile.twitter.com/home?login=1484753993134
    Jawab:
    1. Pertama kali kenal sama penerbit Haru itu sekitar 2 tahun yang lalu. Sebenarnya nggak sengaja sih pas lagi liat- liat list novel terbaru di google , salah satunya itu buku The Crhonicles of Audy:4R, trus pas aku klik gambarnya ternyata langsung masuk ke websitenya penerbit Haru. Awalnya sih cuma kepengen baca sinopsisnya The Crhoinicles of Audy:4R doang, tapi ternyata malah baca semua sinopsis novel- novelnya�� abisnya cover dan ceritanya keren- keren jadi kepengen beli semuanya. Disitulah aku mulai suka dengan Penerbit Haru dan terus pantengin novel- novel terbarunya.

    2. Novel Penerbit Haru yang pertama kali aku baca adalah The Crhonicles of Audy: 4R. Nggak cuma jadi yang pertama tapi juga jadi yang terfavorit�� iyalah... tapi bener, kisah novel ini memang keren banget. Kisah yang awalnya aku pikir bakal berakhir cinta- cintaan nggak taunya kisah ini lebih tentang kehangatan dan pentingnya keluarga bagi kita. Belum lagi bahasanya yang santai dan mampu membawa pembaca masuk 'dunia mereka'. Salut sama kak Orizuka!��
    Selain karena TCOA:4R kisahnya menarik, TCOA:4R ini juga memberi semangat untukku belajar mandiri. Dulu itu aku seringnya beli novel pakai duit orng tua, tapi semenjak suka sama novel TCOA aku jadi sadar dan kepengen beli novel dengan duitku sendiri dan alhamdulillah kebiasaan itu masih ada sampai sekarang. Bisa dibilang novel ini juga yang paling berkesan dalan kehidupan aku��

    Thanks to this GA :)


  8. diyan402 Says:

    Nama : Muhsinatud Diyanah
    Domisili : Jepara, Jateng
    Twitter : @diyan402
    Link share :https://mobile.twitter.com/diyan402/status/821860267294334976?p=v
    1.Ehm... kalo boleh jujur sebenarnya rada telat tahu tentang Haru. Waktu itu tidak sengaja mengikuti blog tour “simple thinking about blood type” tahun 2014di blognya mbak dhynharun dan terpilihlah saya sebagai pemenangnya. Buku “simple thinking about blood type” adalah buku haru yang pertama kali saya baca.
    2. novel Girl in the dark. beberapa kali ikutan GAnya gagal. mau beli tapi di toko buku langganan waktu itu belum ada T.T

    terima kasih Haru telah menyebarkan Haru syndrome.


  9. Halo Nay :D salam kenal yaa, namaku Andini Ginanti Tuzzahra
    Aku mau cerita tentang buku Haru pertama yang aku baca, judulnya Girl In The Dark, jadi waktu itu aku ke toko buku, niatnya mau cari pocket Biologi gitu, eh nyasar ke rak novel thiller, terus aku iiat salah satu buku dengan kover yang menawan banget tapi kok penerbitnya asing ya? Akhirnya nyoba-nyoba beli, sebelumnya sempet khawatir ceritanya bakal mengecewakan, tapi sama sekali TIDAK! :D aku ngerasa hormon adrenalin aku itu berpacu pas baca novel ini, langsung aja aku search semua sosmed Penerbit Haru dan follow, terus aku juga cari tentang Akiyoshi Rikako di google, langsung mules-mules kepengen novel The Dead Return, sayangnya di toko buku kota aku tuh novelnya ga ada, pas waktu itu juga belum kenal beli di olshop(takut ketipu duluan wkwkwk), 3 bulan kemudian aku ke toko buku lagi dan ada novel The Dead Return!! Yeaaayyyy seneng banget, seneng sih tapi ga ada uang waktu itu tuh buat beli hahahaha. Entah selang beberapa minggu ada info kalau Penerbit Haru buka stand di IIBF, langsung aja deh aku meluncur dateng ke IIBF cuma buat ke stand Haru, serius deh itu temen aku sampe ngomel-ngomel gara-gara aku cuma ke stand Haru padahal dia pengen ke stand lain sama aku hahahaha.... Ngomong-ngomong sekarang toko buku satu-satunya di kota aku yang udah membuatku terjangkit HaruSyndrome udah gulung tikar, fix sedih banget huhu :"
    Ini link sharenya yaa https://twitter.com/andinigt/status/821885052585840640


  10. Wening Says:

    Halo kak Nay, perkenalkan namaku Wening. Mungkin kita memang belum saling kenal, tapi aku ingin ikut meramaikan blog tour yang kak Nay adakan ini. Jadi berikut jawaban atas pertanyaan kak Nay:
    1. Pertama kali kenal Penerbit Haru itu kalo tidak salah sekitar awal tahun 2015. Saat itu aku belum pernah kenal apa yang namanya blog tour maupun giveaway. Secara tidak sengaja, aku justru kenal Haru karena aku sedang mencari sinopsis cerita drama Korea. Dan entah bagaimana aku malah sampai di sebuah blog yang sedang mengulas buku So, I Married the Anti-fan karya Kim Eun Jeong. Aku langsung tertarik dengan ulasan yang diberikan blog tersebut. Terlebih saat itu pemilik blog juga kasih tahu kalau di toko milik Haru (owlbookstore.co.id) sedang mengadakan promo cuci gudang. Jadi aku pun langsung membelinya dengan tambahan dua novel lainnya. Walaupun kondisinya sendiri sudah banyak bercak kuningnya, tapi buku-buku masih layak baca. Dan setelah selesai menamatkan ketiga novel tersebut, aku pun langsung jatuh cinta dengan terjemahan Haru. (karena jujur saja, aku pernah beli buku The Moon Embrace The Sun dan kecewa banget dengan terjemahannya) Setelah itu, barulah aku mencari tahu novel apa saja yang telah diterbitkan. Terus pas aku pernah menang buku Haru, aku jadi makin keranjingan buat koleksi semua novelnya 😁

    2. So, I Married the Anti-fan cetakan cover yang kedua

    Oh ya, aku tinggal di Ambarawa dan berikut link yang sudah aku share sesuai persyaratan yang kakak berikan https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/821892393544712192?p=v


  11. Unknown Says:

    Halo kak Nay, perkenalkan, nama aku Rani Widiyansyah (aku cewek), berdomisili di Bandung. Twitter aku namanya @raniwidiyansyah.

    Ini link share nya : https://twitter.com/raniwidiyansyah/status/821921941300707329

    Pertama kali aku kenal penerbit haru itu pas aku ulang tahun sekitar tiga atau empat tahun lalu, waktu itu aku di kasih kado novel Khokkiri nya kak Lia dari sahabatku. Aku sangat suka novel itu, tapi waktu itu belum ngeh kalo itu dari penerbit haru, sampai akhirnya waktu ke toko buku, aku liat ada satu rak besar novel penerbit Haru. Dan, aku menemukan novel Khokkiri juga mejeng disitu, disitu aku mulai kenal sama penerbit haru. "Oh, ternyata penerbitnya Haru toh." Begitu ceritanya :).

    Novel penerbit Haru yang pertma kali aku baca, tentu aja Khokkiri, karena novel itu yang memperkenalkan aku dengan penerbit haru pertama kalinya dan akhirnya membuat aku kena Haru Syndrome.


  12. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/821676972820590592?p=v

    Aku kenal penerbit Haru dari perpustakaan gratis dekat rumahku. Perpustakaan itu didirikan oleh suami istri asal Amerika. Buku-buku di sana lengkap, baik buku lokal maupun import. Novel-novelnya selalu update. Aku paling tertarik dengan novel terjemahan Jepang. Aku pun memutuskan meminjam Crying 100 times dan Her Sunny Sides. Kedua buku itulah yg menjadi mak comblangku dengan penerbit haru. Mereka adalah buku pertama dan kedua dari penerbit Haru yg aku baca. Bahasa terjemahannya tidak membingungkan. Sejak saat itu, aku menjadi kecanduan membaca buku-buku Haru, tidak hanya novel terjemahan tetapi juga novel lokal. Setiap kali ada buku-buku baru Haru yg terbit aku selalu request buku nya di perpustakaan agar bisa menjadi peminjam pertama.

    Happy b'day Haru.. Sukses buat ke depannya :)


  13. Unknown Says:

    Nama:Vinia Dayanti
    Domisili: Jambi
    Alamat blog: tookbooktolook.blogspot.com
    Akun twitter: @viniapurba

    Salam kenal ya ^^

    Link share: https://mobile.twitter.com/viniapurba/status/822013548670820352

    1. Pertama kali kenal penerbit Haru pas ada blogtour + giveaway Double Spin Round do salah satu blog. Pertama liat cover novel itu, aku langsung tertarik. Dan trnyata cover novel terbitan Haru itu rata2 semuanya emang enak diliat dgn warna2 lembutnya.. Penerbit Haru juga sering ngadain blogtour dan giveaway yang menarik, sayangnya aku baru sekali menang.hehe. Berharap bisa menang lagi.. Selamat ulang tahun Penerbit Haru ^^
    2. Buku Haru pertama yang kubaca dan satu2nya yang kupunya adalah Cat and Dog 1 hasil menang giveaway di IG nya penerbit haru.. Cat and Dog ini komik yang simpel dan enak dibaca ^^


  14. Halo, namaku Najwa Fadhilatunnisa. Berasal dari Kota Paris ((van Java)) alias Bandung😂
    Twitter 👉 @najwafadh
    Link Share 👉
    https://mobile.twitter.com/najwafadh/status/822076286625579009

    (1) Kenal Penerbit Haru itu berawal dari sobatnya, Spring. Waktu itu ada GA The Girl On Paper, dan stalk ig Penerbit Spring, sampai nemu partner-in-publish nya, Penerbit Haru!😍 Dari situ aku mulai stalk ampe bawah-bawah, habis belum pernah denger nama Penerbit Haru itu.
    Apalagi aku sendiri dapat terbilang 'pembaca baru', karena baru membeli novel-novel di tahun kedua SMP. Dulu mah boro-boro tau dan baca novel gini😂 Terus gara-gara ngestalk (yang hampir membuat kuotaku habis), malah tergiur liat buku-bukunya, pengen comotin satu-satu aaaak eye-catchy banget deh cover buku-buku terbitan Haru :'))
    Dari situlah aku mulai update tentang Haru, liat-liat review bukunya, dan setiap hari ada postingan Haru selalu ngebatin, "Pengen banget novel ini."

    (2) AKU BELUM PERNAH BACA BUKU PENERBIT HARU HUHUHU baru pernah baca 1 buku dari Penerbit Spring :')
    Buku yg kepengen aku baca pertama kali dari Penerbit Haru ini adalah The Chronicles of Audy. Berulang kali aku cek review kesana kemari, dan tambah penasaran:" Apalagi pas tau ketika seseorang yg me-review bilang, banyak sekali 'moral value' yang terdapat di dalam novel itu. Kekeluargaan, cinta, dan impian. Mantap sekali, mungkin cocok untuk aku yang selalu suka kisah kekeluargaan dengan bumbu-bumbu cinta dan impian di dalamnya yeeeay.
    Belum lagi, dari segi 'pandangan pertama', seri novel ini bener-bener mencuri pandanganku. Lucu banget sketsa Audy-nya, belum lagi judul setiap seri yang bikin penasaran!
    Apaan sih O2, oksigen kah? 21, umur Audy kah? Atau ada makna yg lebih luas? Atau ... apakah ituu?><

    Sekian. Terima kasih atas kesempatannya Kak Nay & Penerbit Haru :))


  15. Salam kenal ka nay...
    Nama : igit Elvariana
    Domisili : Tangerang
    Twitter: @igit_Elvariana
    Link share : https://mobile.twitter.com/igit_Elvariana/status/822070275961327617?p=v

    Pertama kali tahu tentang penerbit haru dari novel pinjamaan punya teman saya judul novelnya " Paper Romance ".
    Cover novelnya unik,lucu dan jalan ceritanya menarik.
    aku Jadi jatuh hati sama novel pinjeman itu, dari situ aku mencari tahu siapa?, apa? ayam kuning bulet (penerbit haru)itu.
    Ternyata,sampai-sampai aku terkena haru syendrom. Ka nay pernah ngalamin?atau lagi ngalamin?
    Terima kasih buat teman aku yudhit yang udah mau minjemin novel " paper Romance" dari penerbit Haru, yang sekaligus ngenalin aku ke Penerbit Haru.
    Pinjemin novelnya ikhlas Banget kayanya sampai aku jatuh hati.hehe


  16. Nama : Riza Putri Cahyani
    Domisili : Bogor
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/822349556591382528
    Jawaban :
    1. Kebetulan aku dan temenku adalah penggemar korea dan saat itu kami menonton drama So, I Married The Anti-fan. Dari situ kami tahu bahwa drama itu diadaptasi dari sebuah novel. Berbekal rasa penasaran, aku dan temenku mencari-cari novel itu yg terjemahan Indonesianya. Setelah mencari-cari akhirnya kami menemukan Penerbit Haru yg ternyata menerbitkan novel ini dgn terjemahan Indonesia. Wah, saat itu kami senang sekali dan langsung jatuh hati dgn penerbit haru.

    2. Novel penerbit haru yg pertama kali aku baca adalah So, I Married The Anti-fan.


  17. Humaira Says:

    Aku Humaira, aku tinggal di Purwakarta kota yang ada diantara Bandung-Jakarta. Aku ini book hunter yang setia berburu buku-buku yang aku suka setelah baca review-nya.
    Akun Twitterku : @RaaChoco (isinya pasti kebanyakan link share giveaway deh, hehehe :D)

    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/822426870821990400?p=v



    1. Ceritakan pengalaman kamu ketika
    pertama kali mengenal Penerbit Haru.

    »» Pertama kenal Haru malah aku tau dari adikku. Adikku bilang buku terbitan haru itu seru-seru, jadi pengen coba baca. Beberapa bulan setelahnya adikku bilang kalo Haru lagi ngadain promo, iseng-iseng lah aku beli buku Haru. Kalo liat emang agak miris, adikku beli segambreng banyaknya, lah aku cuma beli satu. Ga apa-apa deh, waktu itu buat perkenalan aja dulu. Takutnya udah beli banyak-banyak malah ga tertarik lagi, tapi akhirnya aku ketularan adikku juga, hehehe :D



    2. Apa sih buku Terbitan Haru Pertama
    yang kalian baca (bagi yang udah
    pernah baca), atau Apa buku terbitan
    Haru yang pertama kali ingin kamu
    baca (bagi yang belum pernah baca).

    »» Buku Haru pertama yang aku punya itu Then I Hate You So. Aku suka cerita yang bisa mengaduk-aduk perasaan, yang bikin baper to the max pas bacanya, dan pas liat blurb-nya aku rasa ini termasuk genre yang aku suka, finally beli deh akhirnya. Setelah baca buku itu aku jadi keranjingan buat koleksi, buat meringankan budget buat beli buku, aku sering ikutan giveaway akhirnya.


  18. Anonim Says:

    Nama : Wulan
    Link share : https://twitter.com/wullandshawolls/status/822608141040963584

    1. Pengalaman ketika pertama kali mengenal Penerbit Haru? Jawabannya, waktu masuk ke toko buku, mata aku langsung tertuju ke sebuah novel dengan cover unik dan pas pegang novelnya, ko langsung klop aja gitu.
    2. novel Haru pertama kali yang dibaca? So, I Married the Anti Fan. Karena novel ini jugalah, aku jadi ngefans berat sama penulis Kim Eun Jeong. Cerita yang disuguhin sang penulis, bener-bener bikin kita para pembacanya itu gemes sendiri. Selain itu, para tokoh utamanya memiliki karakter yang sulit di tebak. Ini recomended.


  19. Unknown Says:

    Holaa kak, kenalin namaku Feby Aulia Ayundita, panggil saja Feby jangan Mawar ya!😂 berdomisili di Bogor tengah, twitterku @febyaulia316, seorang pelajar yg sbntr lagi bakal prakerin, pencinta novel dan giveaway haha😆. Salam kenal ya kak Inayah😊
    Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/822640694993022976

    1. Ketika pertama kali ya? Hmm, udah agak lupa. Pokonya pas itu lagi ikut giveaway novel terbitan haru di instagram dan rulesnya itu follow akun haru. Yaah disitu jadilah kenal sama penerbit terjemahan novel Asia yang kece ini. Terus kepo-kepoin akunnya, liat-liat judul novel terbitan Haru, baca-baca sinopsisnya di katalog haru, ganyesel kenal haru hehe jadi tau penulis dan novel dari Asia.
    2. Jujur aja aku belum pernah baca buku terbitan haru satupun😟, nah jadi buku yang pengen aku baca pertama kali itu yang judulnya Gantung karya Nadia Khan novel asal Malaysia ini sukses bikin aku penasaran pake banged *pake d ini wkwk*, kisah tentang persahabatn 4 cowok ini bikin aku bengong pas liat sinopsisnya, "masa harus di bagi 4 sih kalau punya 'cewek'?" itu yang langsung terlintas dipikiran ku sesudah baca sinopsis itu. Pengen banget baca novel ini yaampun😂. Walau sebenernya pengen baca semua buku terbitan haru hehe


  20. Unknown Says:

    Nama: Nur Ina
    Twitter: @Shikshincloud
    Domisili: Bogor
    Link share: https://twitter.com/shikshincloud/status/822860634794508288

    1. Ceritakan pengalaman kamu ketika pertama kali mengenal Penerbit Haru!

    Aku pertama kali kenal Penerbit Haru itu dari temen deket. Dia bilang ada buku terjemahan korea yang bagus, karena kebetulan kami berdua memang suka hal-hal tentang korea jadi tentu saja aku tertarik membacanya. Setelah baca novel tersebut aku langsung suka karena alur cerita dan bahasa terjemahannya yang enak dibaca. Aku pun memutuskan mulai mengoleksi beberapa buku dari Haru.

    2. Apa sih buku Terbitan Haru Pertama yang kalian baca (bagi yang udah pernah baca)?

    Buku pertama dari penerbit Haru yang aku baca itu yang judulnya After D-100. Kisahnya tentang married-life gitu. Awalnya temen deketku yang cerita sinopsis dari novel tersebut lalu akhirnya aku tertarik baca.


  21. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/822865966786703360

    1. Pertama kali kenal Haru dari twitter, tentu saja. Awalnya aku pikir Haru ini penerbit indie. Tapi waktu aku baca-baca lagi, pemikiranku berubah, aku pun mikir kalau Haru inikhusus menerbitan novel-novel terjemahan Korea dan Jepang. Jujur, saat itu aku seneng banget. Soalnya gimana, jarang ada yang nerbitin novel-novel Jepang. Rata-rata pasti terjemahan Eropa. Lalu novel yang saat itu pingin pake banget aku beli ada dua yaitu Crying 100 Times dan Her Sunny Side.

    2. Buku pertama yang aku baca itu Crying 100 Times, itupun aku dapet dari kiriman temen yang ada di Bandung. Waktu itu Gramedia di kota lamaku belum ada terbitan-terbitan Haru. Baru setelah aku dapat buku soft pink itu, aku baru bisa beli Her Sunny Side. Dan aku nangis waktu baca kisah si Fuuji yang begitu setia ke pacar yang terus jadi tunangannya lalu istrinya. Awalnya sempet bosen sih, soalnya agak bingung sama bacaannya. Tapi lama kelamaan akhirnya paham dan ngalir gitu aja. Sampe-sampe ikut nangis waktu kekasihnya Fuuji meninggalkan. Ya ampun kasihan banget pokok, udah ditinggal anjing kesayangannya, terus ditinggal orang yang paling dicintainya. Sabar ya Fujii-san.


  22. Anonim Says:

    Hai kak nay

    Nama : Kania Ekaresti
    Instagram : kaniaekaresti

    1. Aku baru pertama kali kenal penerbit haru ini dari event ka nay. Karna penasaran aku liat di instagram nya penerbit haru. Nah disitu aku merasa kagum dengan karya-karya nya penerbit haru.

    2. Aku belum pernah membaca novel dari penerbit haru. Tapi aku ingin novel puzzle of lies ini sebagai novel pertama yg kubaca dari penerbit haru. Karna aku liat sinopsis nya sangat menarik.


  23. Rizki Says:

    Halo kak Namaku Rizki Fitriani, panggil kiki aja lebih simpel dan enggak panjang.
    akun twitterku @Kikii_Rye dan berdimisili di Sidoarjo. salam hangat utk berkenalan:D
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/823187710756016129

    1. pertama kali tau penerbit Haru itu waktu masih zamannya Korea mewabah di Indonesia sekitar 2012, tau penerbit Haru pas baca kolom kuis novel di salah satu tabloid yg sekarang udah enggak beredar lagi*kan sedih
    sering banget baca ringkasan novel yg bakal jadi hadiah waktu itu, sayangnya aku dulu enggak gemar membaca novel seaddict sekarang. jadi gak pernah mencoba ikutan kuisnya:D dan pas ke perpus selalu nemu novel K-lit maupun J-lit terbitan Haru. dan sayangnya lagi dulu aku sukanya sama komik.

    2. aku belum pernah baca novel terbitan Haru. you knowlah, gimana bedanya aku dulu dan yg sekarang.. dan novel yg pengen banget aku adalah jeng jeng..

    selain Holy Mother yg udah masuk wl duluan, Puzzle of Lies yg sekarang lagi jadi pembahasan di postingan kali ini juga merupakan novel yg pengen banget aku baca. selain genre Family-drama yg dibalut romance, review dari kakak sukses bikin aku penasaran sama karakter dan perjalanan para tokoh dalam novel ini. kisah yg ringan namun berbobot